Rabu, 25 Februari 2015

Tips mencegah bau apek pada pakaian saat musim hujan



cloudy clothes in the sunshine
Photo: http://gretchenlouise.com
            Saat musim hujan seperti sekarang ini seringkali kita mendapati pakaian yang tidak kering sempurna mengeluarkan bau apek. Hal itu akan menjadi menjengkelkan karena bau apek itu tidak akan hilang begitu saja meskipun telah dijemur lagi atau diberi parfum.
            Sebelum pakaian yang tidak kering tersebut menjadi apek, ada tips untuk mencegah pakaian berbau apek saat musim hujan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bau apek tersebut antara lain:
  •  Pastikan anda membilas dengan bersih karena sisa detergen juga bisa menjadi salah satu penyebab bau apek pada pakaian.
  • Gunakan pewangi setelah bilasan, hal ini memang tidak mutlak dalam pencegahan bau pakaian tak kering, namun dengan menggunakan pewangi bau tak sedap tersebut bisa sedikit dikurangi.
  • Apabila anda mengangkat jemuran yang belum begitu kering, gantunglah dan usahakan agar antara pakaian yang satu dan yang lain tidak menempel. Hal itu bertujuan agar pakaian cepat kering dengan terpaan angin.
  •  Pakaian yang belum kering hendaknya jangan dikeringkan dengan cara disetrika, selain akan menimbulkan kesan bau gosong hal itu juga bisa merusak serat pakaian
  •  Lemari yang digunakan untuk menyimpan pakaian hendaknya memiliki ventilasi. Tujuannya agar udara di dalam lemari tidak pengap dan mempengaruhi aroma pakaian
  • Jika anda menggunakan mesin cuci, jaga volume pakaian saat mencuci agar tidak terlalu penuh, dan saat pengeringan tambahkan satu putaran ekstra dengan memasukkan handuk bersih dan kering hal itu bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan saat pengeringan.
  • Bagi yang memiliki tempat penjemuran dalam ruangan sebaiknya nyalakan lampu dan letakkan garam atau silica gel di setiap sudut ruangan untuk menjaga kelembaban udara. 
  • Usahakan tidak menumpuk jemuran yang sudah kering, menumpuk jemuran bisa menjadi salah satu penyebab bau apek pada pakaian.
  • Hair dryer juga bisa kita gunakan untuk mengeringkan pakaian. Tapi pastinya hanya gunakan pada saat darurat.
Ada baiknya melakukan langkah-langkah diatas untuk menghindari pakaian menjadi apek saat musim hujan seperti sekarang.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar