Rabu, 04 Maret 2015

Berbagai bahan dapur untuk menghilangkan karat



How to Get Rust Stains Out of Clothes thumbnail
Photo: http://www.ehow.com

            Munculnya karat seringkali mengganggu pemandangan, terlebih lagi apabila besi itu mulai berkarat maka karat itu akan cepat bertambah sehingga mempercepat proses korosi. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeliharaan pada bagian rumah yang berbahan besi.
            Dan berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan karat dengan menggunakan bahan-bahan yang pada umumnya ada di setiap rumah.
·         Rendam besi atau logam yang berkarat pada larutan cuka selama semalaman, lalu kikis pada pagi harinya. Lebih baik menggunakan cuka apel daripada cuka putih, karena cuka apellebih efektif daripada cuka putih.
·         Taburkan garam pada bagian yang berkarat, lalu rendam dalam larutan jeruk nipis dan selanjutnya kikis mengguanakan bola penggosok logam.
·         Rendam logam berkarat dalam minuman cola selama semalaman, lalu angkat dan biarkan kering, kikis karat saat permukaan besi telah kering.
·         Untuk pisau yang berkarat, tusukkan pada kentang dan biarkan sehari semalam, selanjutnya angkat pisau dan gosok karat hingga bersih.
·         Cara lain menghilangkan karat dengan menggunakan kentang adalah dengan memotong kentang menjadi dua bagian lalu taburi bagian dalam irisan kentang dengan soda kue, selanjutnya gosok dengan kuat permukaan berkarat menggunakan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasive seperti sabut baja.
·         Buat campuran soda kue dan air hingga membentuk pasta yang sangat kental. Oleskan campuran tersebut pada barang yang berkarat, lalu gosok dengan benda kasar seperti sabut baja atau sikat gigi. Bilas dengan air dan periksa. Proses tersebut mungkin perlu dilakukan berulang kali hingga karat benar-benar bersih.
Itulah beberapa bahan yang bisa menjadi alternative untukmenghilangkan karat.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar