Senin, 23 Maret 2015

Tips Membersihkan dan merawat peralatan berbahan perak



Photo: http://simplisticart.blogspot.com

                Bagi anda yang banyak memiliki perhiasan atau perkakas perak, tak ada salahnya jika membeli produk siap pakai untuk membersihkan dan memoles peralatan perak anda. Namun jika ingin membersihkan perkakas perak dengan bahan-bahan alami, berikut beberapa tips untuk membersihkan perkakas perak dan juga cara merawatnya :
·         Membersihkan menggunakan biji klerak
Ambil beberapa biji klerak, rendam dengan air cuka selama beberapa menit. Ambil lap kering bersih dan celupkan kedalam air rendaman tersebut. Usapkan kain ke permukaan perak dan gosok perlahan-lahan sampai semua permukaan terlapisi dengan air rendaman klerak tersebut. Untuk bagian yang susah diolesi, manfaatkan cotton bud. Diamkan beberapa saat lalu lap dengan lap kering. Gosok sampai seluruh permukaan peralatan yang terbuat dari perak milik anda terlihat kinclong seperti baru.
·         Membersihkan menggunakan pasta gigi
Sediakan odol atau pasta gigi, cotton bud, dan lap bersih. Olesi permukaan peralatan perak secara merata dengan odol secukupnya. Biarkan mengering, kemudian lap sambil gosok perlahan.
·         Membersihkan menggunakan bubuk soda kue
Campur sedikit bubuk soda kue dan air secukupnya hingga Anda memperoleh krim yang kental. Oleskan campuran ini pada perak, lalu bilas dengan air hangat.
·         Sering-sering pakai peralatan perak Anda dan poles secara teratur. Perak tidak baik disimpan dan tidak digunakan terlalu lama, jadi keluarkan dari tempat penyimpanannya.
·         Kalau Anda tidak ada pilihan lain dan harus menyimpan peralatan perak, lapisi perkakas perak dengan minyak zaitun sebelum menyimpannya. Hal ini dapat mencegah warnanya pudar atau menjadi kusam.
·         Ketika mencuci peralatan makan berbahan perak, pisahkan dari peralatan makan yang lain dan gunakan ember plastik. Jangan mencucinya di wastafel yang terbuat dari logam karena beresiko menggores permukaan perak.
·         Selalu keringkan perak menggunakan handuk kering dan berbulu lembut. Handuk berbulu kasar dapat menggores permukaan perak.

Sumber:
 http://www.bersihbersih.com
Larasati,Riana.2009.350 Tips Bebas Masalah Rumah.Yogyakarta:Jogja Great!
Julianto, Ayesha.2010.Kumpulan tips Praktis Perawatan Rumah dan Tubuh.Yogyakarta:Diva Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar