Sabtu, 27 Februari 2016

Tips Membersihkan Pakaian yang terkena Noda Minyak

Pakaian yang terkena noda minyak sebenarnya menjadi hal biasa, apalagi untuk mereka yang bekerja di dapur. Bahkan untuk mereka yang bekerja di industri  yang pasti bersentuhan dengan segala macam minyak biasanya mereka memiliki pakaian khusus. Hal itu bertujuan agar mereka tak perlu khawatir saat pakaian mereka terkena noda minyak. 
Namun bagaimana jika noda minyak tersebut mengenai pakaian istimewa anda. Berikut beberapa tips untuk mengatasinya:
Photo : vemale.com
Noda Baru
Untuk pakaian yang baru saja terkena noda minyak (noda baru) ada beberapa bahan yang bisa digunakan:
  • Bedak bayi -- taburkan bedak bayi pada noda minyak di pakaian anda, biarkan meresap selama 5-10 menit lalu sikat. Setelah itu cuci seperti biasa hingga noda memudar dan hilang sama sekali.
  • Sabun cuci piring , secara teori sabun cuci piring juga berfungsi untuk meluruhkan lemak dan minyak adalah salah satu jenis lemak. Oleskan sabun cuci piring di bagian yang tekena noda minyak lalu gosok dengan lembut. Setelah noda memudar cuci baju seperti biasa.
  • Kapur tulis , gosok kapur tulis berwarna putih di bagian yang terkena noda. biasrkan beberapa menit seperti cara kerja bila menggunakan bedak bayi.
  • Tepung jagung (maizena) , satu bahan lagi untuk menghilangkan noda minyak yang cara kerjanya seperti bedak bayi. Salah satu bahan masakan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda minyak karena sifatnya yang menyerap minyak.
Noda Lama
  • Hair Spray , tutupi bagian yang terkena noda dengan tisu kemudian semprotkan hair spray pada bagian tersebut (sehingga spray akan mengenai tisu bukan baju lebih dahulu). Biarkan selama 30 menit, setelah itu ambil tisunya dan cuci pakaian seperti biasa. Noda mungkin tidak hilang 100% pada pencucian pertama. Jadi ulangi cara tersebut pada pencucian berikutnya.
  • Minuman cola , tuangkan minuman cola pada bagian yang terkena minyak, biarkan selama 1-2 jam. Tidak perlu khawatir tentang noda dari cola tersebut. setelah itu cuci pakaian seperti biasa.
  • Shampo , tuangkan shampo pada bagian yang terkena minyak lalu gosok dengan kain, setelah itu diamkan selama 15 menit. Dan seperti cara-cara sebelumnya selanjutnya anda bisa mencucinya seperti biasa.
  Sumber:
wikihow.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar